Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SD Tahun 2019 -->

Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SD Tahun 2019

12 Maret 2019, 12 Maret
Inovasi Pembelajaran SD merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SD sesuai dengan kekhasan pada jenjang SD, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran yang telah dikembangkan untuk memfasilitasi seluruh karakteristik peserta didik termasuk anak berkebutuhan khusus. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat mengembangkan potensinya dan beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21. Melalui perlombaan ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dijadikan sebagai rujukan bagi semua guru khususnya guru SD dalam peningkatan kualitas 
pembelajaran di SD.

Pendidikan abad 21 menuntut guru sebagai ujung tombak pendidikan pada setiap jenjang pendidikan diantaranya pendidikan sekolah dasar (SD) untuk menghasilkan generasi yang literat, kompeten, dan berkarakter. Guru harus memiliki kreativitas dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karkteristik peserta didik dan materi pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kreatif dan inovasi, berpikir kritis dan bisa menyelsaikan masalah, komunikasi, dan kolaborasi. Untuk mewujudkan peningkatan kreativitas dan inovasi guru  khususnya guru SD akan dilaksanakan melalui Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD (Inobel SD).

Pendidikan yang bermutu merupakan pendidikan yang berfungsi untuk menyiapkan peserta didik agar dapat menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan lokal, nasional dan global. Pembelajaran disekolah merupakan salah satu proses penting untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu secara berkesinambungan. Inobel SD merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran guru SD sesuai dengan ke khasan pada jenjang SD baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran yang telah dikembangkan untuk memfasilitasi seluruh karkteristik peserta didik termasuk yang berkebutuhan khusus.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menyelenggarakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2019 dengan Tema : "Inovasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dan Era Revolusi Industri 4.0".  

Tujuan diadakan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah sebagai berikut:
1. Memotivasi guru untuk melakukan Inovasi Pembelajaran;
2. Memotivasi guru dalam berkarir melalui Karya Inovasi Pembelajaran;
3. Menghasilkan Karya Inovasi Pembelajaran yang dapat diimplementasikan;
4. Mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat;
5. Mempublikasikan hasil karya inovasi pembelajaran melalui prosiding atau jurnal;
6. Memberikan penghargaan kepada guru SD yang berinovasi.

Sasaran dalam kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 mencakup:
a.  Guru yang melakukan inovasi pembelajaran "Tematik Integratif", menggunakan kode GTI;
b.  Guru Kelas yang melakukan inovasi pembelajaran "Matematika", menggunakan kode GKM;
c. Guru yang melakukan inovasi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di "Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif", menggunakan kode GPI.

Untuk Penyelenggaraan Perlombaan Karya Inobel, Ketentuan Perlombaan, Seleksi dan Penilaian, Sistematika Penulisan dan Waktu Pelaksanaan akan dilaksanakan pada minggu ke 4 Maret 2019 selengkapnya silahkan Anda Baca [PEDOMAN INOVASI PEMBELAJARAN SD TAHUN 2019].


Jika Bermanfaat, Silahkan Share dan Bagikan!!

TerPopuler