Apa itu Era Digital? Era Digital yaitu teknologi informasi komputer, internet yang dapat merubah budaya dan perilaku masyarakat untuk beralih ke media yang serba cepat dan memudahkan. Terutama fenomena media gadget yang sudah menjadi masalah bangsa karena membentuk masyarakat anti sosial dimana fase anak tidak saling mengenal, fase remaja cuek dan masa dewasa tidak perduli. Gadget tempat mencari hiburan, gaul, bosan, modern, kesepian, stress, mudah dan cepat.
Hasil penelitian Era Digital Tahun 2017 perusahaan keamanan cyber, kapersky lab, merilis laporan penelitian sosial skenario yang membuat masyarakat modern tertekan saat ini. Kehilangan smartphone dan foto-foto digital lebih dianggap menyedihkan ketimbang putus cinta, teman dan kehilangan hewan peliharaan.
Berikut hasil penelitian 10 besar insiden secara berurutan yang membuat masyarakat modern saat ini sedih :
1. Anggota keluarga sakit atau meninggal dunia;
2. Perangkat elektronik (smartphone, tablet, komputer) hilang atau dicuri;
3. Foto digital yang tak di back up hilang;
4. Putus cinta;
5. Akun media sosial di hack;
6. Kehilangan kontak di smartphone yang tak di back up;
7. Bertengkar dengan teman, pasangan, atau anggota keluarga;
8. Kecelakaan mobil;
9. Hari yang buruk di tempat kerja;
10. Hewan peliharaan sakit atau mati.
Penelitian berikutnya Yayasan Kita dan Buah Hati menyebutkan sejak tahun 2008 hingga 2010 sebanyak 67 persen siswa dari 2.818 siswa sekolah dasar (SD) kelas 4,5 dan 6 diwilayah jabodetabek mengaku pernah mengakses informasi pornografi sekitar 24 persen mengaku melihat pornografi melalui media komik. selain itu, sekitar 22 persen melihat pornografi melalui situs internet, 17 persen dari games, 12 persen melalui film di televisi dan 6 persen lewat telepon genggam.
Adiksi Internet (Gadget) diantaranya : (a). waktu bermain cukup lama diatas 6 jam; (b). anak akan marah, sedih atau frustasi kala tidak bermain; (c). saat orang tua menolak meminjamkan gadget anak bisa naik pitam/marah; (d). enggan bersosialisasi, anak lebih sibuk dengan gadgetnya; (e). rutinitas terganggu (malas makan/mandi) bolos sekolah, lalai mengerjakan tugas sekolah; (f). berbagai pekerjaan rumah dibiarkan menumpuk tanpa tersentuh; (g). pola tidur terganggu karena anak senang bermain sampai larut malam.
Aplikasi yang harus diwaspadai? sosial media seperti fb, path, line, twitter, telegram, whatsapp, instagram, games, pornografi, youtube, berita hoax serta ajakan terorisme. Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Perilaku anak akibat sosial media :
- Daya juang lemah, mudah menyerah dan mental lemah;
- Malas belajar dan membaca;
- Selalu ingin mendapat pujian (likes);
- Manipulatif (berusaha eksis mendapat perhatian);
- Kurang peduli lingkungan sekitar;
- Rentan menjadi korban kejahatan.
Dampak psikologis games online :
- Mengajarkan kekerasan fisik dan verbal;
- Meningkatkan agresifitas;
- Mudah marah dan emosi;
- Mengandung pornografi;
- Memberi efek candu dan penasaran.
Bahaya games pada anak :
- Anak menjadi malas belajar;
- Kerusakan mata dan fisik akibat jarang bergerak;
- Tidak mau bersosialisasi dengan orang lain;
- Waktu belajar terganggu;
- Tidur lambat dan akhirnya malas berangkat sekolah, bahkan sering bolos;
- Susah konsentrasi.
Peran Orang Tua Terhadap Anaknya :
1. Batasi penggunaan internet khususnya gadget pada anak, protek situs negatif dari internet;
2. Dampingi anak bermain dan pilhlah mainan atau tontonan yang mendidik, berikan penjelasan bila ia bertanya;
3. Buat aturan yang tegas dirumah mengenai etika menggunakan internet, berapa lama dan apa saja yang boleh diakses dan tidak;
4. Bantu bebas dari adiksi games atau pornografi, segera hentikan sementara dan bantu segera untuk bisa mengurangi adiksi.
Pesan Penting bagi orang tua :
a. Stop penggunaan gadget ketika makan bersama, berkendara, menonton tv, beribadah dan bertamu;
b. Orang tua harus memberikan contoh jangan bermain gadget dihadapan anak apalagi asik bermain saat ingin berkomunikasi
c. Jangan membuka dan menyimpan video dan situs pornografi dalam gadget/laptop/komputer;
d. Perkuat pendidikan agama, libatkan olahraga dan manfaatkan gadget untuk penggunaan yang positif.
Jika Bermanfaat, Silahkan Share dan Bagikan!!