Panduan Praktis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah -->

Panduan Praktis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah

18 Februari 2019, 18 Februari

Mengapa harus penguatan pendidikan karakter (PPK)? Karena ada kecenderungan global berlangsungnya revolusi indutri keempat yang ditandai dengan penomena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam era revolusi digital, perubahan peradaban masyarakat yang ditandai berubahnya sendi-sendi kehidupan, kebudayaan, kemasyarakatan dan juga pendidikan, semakin tegasnya penomena abad kreatif yang menandakan, informasi pengetahuan, kreatifitas, inovasi dan jejaring sebagai sumber daya strategis bagi individu dan masyarakat.

Darurat penguatan pendidikan karakter dimana pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai fondasi pembangunan bangsa, menghadapi kondisi degradasi akhlak, moral dan budi pekerti, menghadapi dinamika dan tantangan era global, serta membangun era generasi emas 2045 yang berdaya saing dan berjiwa pancasila.

Definisi penguatan pendidikan karakter yaitu gerakan pendidikan dibawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). 

PPK berbasis budaya sekolah dilakukan dengan menekankan pada pembiasaan nilai-nilai utama dalam keseharian disekolah, memberikan keteladanan antar warga sekolah, melibatkan seluruh pemangku kepentingan pendidikan disekolah, membangun dan mematuhi norma, peraturan dan tradisi sekolah, mengembangkan keunikan dan keunggulan dan daya saing sekolah sebagai ciri khas sekolah, memberi ruang yang luas terhadap peserta didik untuk mengembangkan potensi melalui kegiatan literasi, mengembangkan minat, bakat, dan potensi melalui kegiatan ekstrakulikuker (Pasal 6 ayat 3).

Budaya sekolah adalah keseluruhan corak relasional antar individu dilingkungan pendidikan yang membentuk tradisi yang berkembang sesuai dengan spirit dan nilai-nilai karakter yang dikembangkan disekolah, tradisi itu mewarnai kualitas kehidupan sekolah, termasuk kualitas belajar, bekerja, lingkungan, interaksi warga sekolah dan suasana akademik. Budaya sekolah bertujuan mendukung keunggulan, keunikan dan daya saing sekolah.

Silahkan Download!
download[4]
***Buku Panduan Praktis PPK Berbasis Budaya Sekolah***
download[4]
***10 Judul PTS***

TerPopuler