Kumpulan Soal Latihan Test PPPK TWK TKP TIU SKB PANCASILA dan UUD -->

Kumpulan Soal Latihan Test PPPK TWK TKP TIU SKB PANCASILA dan UUD

22 Februari 2019, 22 Februari

Sehubungan kabar baik calon peserta P3K lulus administrasi telah resmi diumumkan, sekarang sambil menunggu waktu pelaksanaan yang telah ditetapkan tiba mumpung masih ada waktu sebaiknya kita persiapkan dahulu dengan memahami materi yang mungkin saja nanti keluar saat test. Ada beberapa referensi soal yang mungkin bapak/ibu bisa pahami dan mudah-mudahan bisa sedikit membantu menambah pengetahuan yang kita miliki dan jika ini bermanfaat silahkan bagikan ke saudara, teman dan yang lainnya. Mari simak soal-soal latihan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi Guru kelas beserta Kunci Jawaban :

SOAL LATIHAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS

Pilihlah salah satu jawaban jawaban yang benar!
1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir
abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

2) Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng,
orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3) Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang peserta didik
D. tes awal (pre-test)

4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion
referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.
C. Menganalisis kemampuan peserta didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar

5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan strategi pembelajaran
D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran

6) Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil
perilaku dan pribadi peserta didik.
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan

7) Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya ya……..
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang har dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10) Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatka pemangku kepentingan ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum.....
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu.

Untuk Selengkapnya Bisa Anda Klik [[DISINI]];
Soal TWK TKP TIU Anda Klik [[DISINI]];
Soal Materi Pancasila & UUD Anda Klik [[DISINI]].

Semoga Bermanfaat!

TerPopuler