Kurikulum dalam dimensi proses adalah realisasi ide dan rancangan kurikulum menjadi suatu proses pembelajaran. Guru adalah tenaga kependidikan utama yang mengembangkan ide dan rancangan tersebut menjadi proses pembelajaran. Pemahaman guru tentang kurikulum akan menentukan rancangan guru (Rencana Program Pembelajaran/RPP) dan diterjemahkan ke dalam bentuk kegiatan pembelajaran. Peserta didik berhubungan langsung dengan apa yang dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi pengalaman langsung peserta didik. Apa yang dialami peserta didik akan menjadi hasil belajar pada dirinya dan menjadi hasil kurikulum. Oleh karena itu proses pembelajaran harus memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya menjadi hasil belajar yang sama atau lebih tinggi dari yang dinyatakan dalam Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi inti, kompetensi dasar, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, kriteria ketuntasan minimal, konsep rencana pelaksanaan pembelajaran, format nilai, pemetaan kompetensi dasar, rekapitulasi hari belajar efektif sesuai dengan kalender pendidikan, perhitungan jam belajar efektif, rincian hari belajar, penghitungan jam belajar efektif, hari belajar tidak efektif dan minggu efektif.
Silahkan Download!
![download[4]](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqQgoRKURik2O152SrcUcjm6-iWE_fHEZcO4f3SVktM5C3zhTd6NWIufniImcT2IuSwNaX4O5ETvK_22QcKAOFUbAQ0j_D5uCk4fYWVZmlCtsqNmvBwh_UUdkLG5hFmNtgZond3zYs0Ps/w1274-h428-o-k/download+button+ungu+.png)
![download[4]](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqQgoRKURik2O152SrcUcjm6-iWE_fHEZcO4f3SVktM5C3zhTd6NWIufniImcT2IuSwNaX4O5ETvK_22QcKAOFUbAQ0j_D5uCk4fYWVZmlCtsqNmvBwh_UUdkLG5hFmNtgZond3zYs0Ps/w1274-h428-o-k/download+button+ungu+.png)
