Langkah-langkah operator sekolah jika mengalami siswa terdeteksi ganda disekolahnya silahkan perbaiki dengan ketentuan sebagai berikut :
* Yang dimaksud dengan data siswa berganda adalah data siswa tersebut terdaftar lebih dari 1 kali dalam 1 sekolah yang sama atau sekolah yang berbeda.
* Penyebab siswa yang berganda tersebut akibat dari penggunaan prefill lama yang sudah pernah terpakai (re-use prefill) atau siswa mutasi namun sekolah asal belum mengeluarkan data siswa tersebut.
* Registrasi hanya dapat dilakukan pada aplikasi dapodikdasmen versi 2019.
* Perbaikan data dapat dilakukan pada aplikasi dapodikdasmen versi 2019 dan versi 2019b.
1. Silahkan lakukan istall ulang pada aplikasi dapodikdasmen. diawali dengan proses unistall aplikasi dapodikdasmen yang sudah dipasang di laptop atau komputer anda.
2. Lakukan generate prefill baru pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan (tab prefill).
3. Install aplikasi dapodikdasmen versi 2019.
4. Registrasi secara offline dengan menggunakan prefill baru tersebut.
5. Periksa data siswa yang belum masuk rombel karena telah dilakukan pembersihan/ penghapusan anggota rombel di server pusat.
6. Pastikan (mapping) kembali pada rombel belajar siswa tersebut masih aktif disekolah anda.
7. Keluarkan data peserta didik jika sudah tidak terdaftar disekolah anda (mutasi/ganda).
8. Lakukan sinkronisasi dengan langkah-langkah sebagai berikut :
- Pastikan terkoneksi dengan internet selanjutnya lakukan sinkronisasi.
- Update versi sinkronisasi.
- Klik tombol reload pada menu sinkronisasi.
- Lakukan sinkronisasi.